Mengatasi Kantuk

Sebahagian orang akan merekomendasikan kopi sebagai penghilang rasa kantuk. Dengan minum kopi (apalagi kopi hitam, kental, panas, dan sedikit gula) maka jantung akan memompa darah sedikit lebih keras dan otot-otot tubuh menegang, sehingga hal itu membuat (sebahagian) orang merasa punya energi lebih untuk terus beraktivitas.

Saya pun juga pernah mengalami hal itu. Minum secangkir kopi hitam (hampir manis) untuk menyegarkan diri. Dan memang akhirnya saya sulit mengantuk. Tapi belakangan ini, minum kopi sehitam apapun dan sepahit apapun sudah tidak efektif lagi bagi saya untuk mengusir kantuk. Lagipula tujuan saya minum kopi adalah untuk menikmati cairan hitam dengan wangi khas itu. Subhanallah, nikmatnya mantap. Dan saatnya mengantuk, ya saya tetap saja mengantuk.

Setelah dipikir-pikir dan berdasarkan pengalaman pribadi, mengantuk bisa diatasi dengan dua hal. Pertama adalah dengan tidur. Ini adalah obat mengantuk yang paling utama. Mengantuk menjadi sebuah tanda sunnatullah bahwa tubuh sudah letih dan membutuhkan berhenti sejenak dari beraktivitas. Tapi bisa juga berupa tanda bahwa metabolisme tubuh kita kurang bagus, jika frekuensi mengantuknya menjadi sering dan tak kenal waktu. Kalau yang terakhir ini salah satu obatnya adalah dengan menjaga pola hidup sehat (makan-makanan yang halal dan bergizi dengan porsi seimbang plus olah raga rutin). Jadi, kalau mengantuk istirahatlah. Insya Allah tubuh akan segar.

Cara kedua untuk mengatasi kantuk adalah dengan memiliki semangat yang luar biasa (menggebu-gebu) untuk melakukan suatu aktivitas. Ketika kita memiliki minat dan semangat untuk melakukan suatu aktivitas, maka fikiran kita akan (senantiasa) fokus ke sana. Fikiran yang fokus itu akan berpengaruh pada kondisi fisik kita. Sehingga otak (yang penuh ide dan fikiran semangat itu) akan memerintahkan seluruh organ tubuh untuk tetap bersiaga penuh untuk menunjang terwujudnya aktivitas tersebut. Tentu saja hal ini terjadi jika kondisi fisik benar-benar fit.

Tomy Saleh. Kalibata. 13 Nov 2008. 10:07WIB

1 komentar:

Ariyanti W mengatakan...

a cup of coffee..with no sugar... Humm wangi dan mantab.. Slurupp...